Copyright © LIA's File
Design by Dzignine
“Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya).” (QS.An-Nazi’at:37-41)“Dan apa saja yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kamu tidak memahaminya?” (QS.Al-Qoshosh:60)
Selasa, 22 November 2011

pintu pintu masuk setan

1. marah dan syahwat
2. iri dan tamak
3. kekenyangan
4. tergesa-gesa
5. bakhil dan takut fakir
6. fanatik terhadap suatu madzhab
7. iri dan dengki terhadap musuh dan memandang mereka diri rendah dan hina
8. prasangka buruk terhadap kaum muslimin

orang mukmin menuntut maaf, sedangkan orang munafik menuntut cela. Obat hati yang terjangkit penyakit-penyakit tersebut ialah menutup jalan-jalan masuk ini, yaitu dengan membersihkan hati dari sifat-sifat tercela.  Jika pokok-pokok sifat terceka yang menjadi pintu masuk setan ini debersihkan dari hati, setan tak lagi bisa menggoda. Setelah itu zikir kepada Allah baru akan bisa menghalaunya. Sebab hakikat zikir tidak akan bisa hadir di dalam hati, kecuali setelah hati dimakmurkan dengan takwa dan disucikan dari sifat-sifat tercela.

Kalau tidak demikian, zikir hanyalah celotehan untuk jiwa dan tidak bisa menguasai hati. Akibatnya, ia tidak bisa mengusir kekuasaan setan. Dalam Al-A'raf : 201 Allah berfirman : "Allah, naka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya".Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada".

1 komentar:

Sri Efriyanti az Zahra Harahap says:
at: 1 Januari 2012 07.00 mengatakan...

Wajib diingat nih ^^