Copyright © LIA's File
Design by Dzignine
“Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya).” (QS.An-Nazi’at:37-41)“Dan apa saja yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kamu tidak memahaminya?” (QS.Al-Qoshosh:60)
Senin, 12 Desember 2011

lingkaran Hidayah

Saat awal memasuki dunia kampus, yang terlintas dalam pikiran seorang Sakinah adalah dunia kampus seperti yang ada dalam sinetron-sinetron yaitu penuh dengan "gemerlap dunia" pokoknya kuliah hanya untuk gaya-gaya-an saja. Karena kegiantan kuliah yang dijalani Sakinah berbeda dengan kondidi yang ada di sinetron yang selalu ia tonton. Setelah lebih dari 1 minggu memasuki dunia kampus Sakinah diharuskan mengikuti mentoring, yaitu seperti kelompok pengajian kecil yang membahas dasar-dasar tentang keislaman seperti "ma'rifatullah, ma'rifatul islam, ma'rifaturasul dan lain-lain yang merupakan dasar-dasar keislaman yang banyak orang islam itu sendiri itu tidak tahu dan tidak paham. Saat mengikuti mentoring pertama kali, ada perasaan yang aneh, Sakinah merasa apa yang di sampaikan sangat 'jauh dari duniawi', yang di bahas kebanyakan adalah tentang akhirat. Karena ini merupakan kewajiban dari mata kuliah agama islam, maka mau ga mau Sakinah terus mengikuti nya.

****
Setiap minggu, tepatnya setiap hari selasa jam 15.00 ia mentoring bersama teman-temannya yang lain. Minggu demi minggu ia jalani, tanpa ia sadari ia telah banyak berubah dengan seiring berjalannya waktu. Dia sudah banyak mendapat pengetahuan tentang islam, sangat banyak malahan. Oleh sebab itu, sekarang ia tidak pernah lagi merasa berat untuk mengikuti mentoring, karena sekarang ia udah nyaman dengan teman-teman dalam lingkaran itu.

****
Setelah semua materi mentoring selesai di berikan, untuk refreshing bersama akhirnya tim mentoring melakukan rihlah, yaitu seperti tafakur alam atau bahasa kerennya tamasya. Tapi tamasya kali ini berbeda dengan yang biasa dilakukan Sakinah, tamasya kali ini bersama teman-teman di alam terbuka, dan yang paling lain seru adalah ketika kami harus berjalan menyusuri sungai atau biasa di sebut dengan "tracking",, "subhanallah, ga pernah aku lakukan sebelumnya", gumam Sakinah dalam hati
dari mendaki bukit terus menuruni lembah sampai menyusuri sungai. Itu yang tak pernah terlupakan seumur hidup Sakinah. Walaupun lelah merasuki tubuh Sakinah, tapi Sakinah tetap semangat dan gembira.

****
Setelah memasuki hari-hari akhir untuk mentoring, pementornya (orang yang biasa memberikan materi mentoring) menanyakan kesediaan kami untuk melanjutkan mentoring ke tahap selanjutnya. Beberapa dari mereka berkata " kalau sempat yah kak, soalnya banyak lab kak..", inilah itulah, banyak sekali alasan mereka. Saat pertanyaan itu dilontarkan kepada Sakinah, Sakinah berkata,"insyaAllah yah kak". Ternyata, jika benar-benar mengucapkan "insyaAllah"  itu maka Allah akan memudah kan jalan kita jika itu adalah jalan menuju kebaikan.

****
Setelah memasukiawal semester baru, Sakinah mendapat sms dari kakak pementornya,,
"assalamu'alaykum dekk, ini kak Nisa. Adek masih mau ikut mentoring kan?" tanya ka Nisa,,
"insyaAllah mau kak", balas ku
lalu kakak itu balas lagi, " kira-kira kapan waktu kosongnya dek?"
"rabu jam 3 kak", jawab ku.
"ohh, ya udah. rabu jam 3 di musollah yah", balas ka Nisa.
"ok kak,,".jawab ku dan mengakhiri obrolan ku malam itu.

****
Keesokkan harinya, setelah selesai kuliah Sakinah langsung menuju musollah, dan sesampainya disana dia terkejut karena hanya ada beberapa orang saja dari kelompok mentoring yang lama dan di tambah beberapa teman baru. tapi itu tidak menjadi masalah sama Sakinah karena Sakinah suka punya banyak teman. Pertama kali bertemu mereka kami masih agak canggung, tapi sesaat kemudian kami menjadi akrab dan semakin hari semakin akrab. Rasanya kalau tidak hadir 1 hari mentoring rasanya ada saja yang kurang, kurang semangat menjalani hari. Itulah yang dirasakan Sakinah saat ini. Rasanya pengen setiap hari bertemu saudara-saudara seakidah dalam satu lingkaran itu, karena selain mendapatkan teman baru yang sepahaman, Sakinah juga merasa kalau sudah berkumpul dengan saudara-saudaranya yang ini, semakin bertambah keimanan Sakinah dan mempunyai rasa ingin  berlomba-lomba melakukan banyak kebaikan. Karena lingkaran ini mengajak kita untuk saling berlomba memperbanyak amal ibadah, memperbaiki diri, dan menjalin hubungan baik ke semua orang. Itulah yang membuat Sakinah nyaman dengan lingkaran ini yang ia sebut dengan "lingkaran hidayah". Sakinah pernah mendapat satu kalimat bijak dari pementornya, seperti ini bunyinya,, "hidayah itu tidak datang dengan sendirinya, tetapi hidayah itu harus dicari", jadi berlandaskan kalimat itu Sakinah terus menerus melakukan muhasabah terhadap dirinya agar menjadi pribadi yang sakinah, seperti namanya Sakinah.

****
Dan sekarang Sakinah diberi tanggungjawab untuk menjadi seorang pementor, dia tidak menolaknya karena dia mau mencetak sakinah sakinah yang lain, sehingga semakin banyak orang baik di dunia ini.. hehe, itulah tekad seorang Sakinah. Di kelompok mentoringnya sekarang, Sakinah berusaha menjadi pementor yang baik yang tidak monoton dan juga mengasyikkan sehingga mereka menjadi lebih tertarik untuk datang mentoring.

Inilah lingkaran Hidayah yang saya maksud,, Lingkaran ini merupakan lingkaran yang di doakan oleh para malaikat.

4 komentar:

Sri Efriyanti az Zahra Harahap says:
at: 12 Desember 2011 19.59 mengatakan...

Mentoring dapat mengubah segalanya..
Dari malas menjadi rajin,
dari anak cafe menjadi anak forum,
dari jahil menjadi benar..

Alhammdulillah..
Nikmat yang paling Yanti syukuri dalam hidup ini adalah tarbiyah.

Jazakillah murobbi-murobbiku...
Jasa kalian sepanjang masa..

R_zhalyana says:
at: 12 Desember 2011 20.04 mengatakan...

kakak juga mersakan itu deekkk..
sekelumit pengalaman yang mudah2an bermanfaat bagi semua dekk..]:D

Sri Efriyanti az Zahra Harahap says:
at: 13 Desember 2011 14.47 mengatakan...

Iya kak, insya Allah bermanfaat..
Yanti suka..Yanti suka...

R_zhalyana says:
at: 13 Desember 2011 14.49 mengatakan...

seandainya semua mentee bisa seoerti Sakinah yah deekk,, pasti akan berserak orang baek di dunia ini,, hehehe